20 September 2013

MyPing Blog

Akhir-akhir ini saya sedang bersemangat untuk (kembali) mempelajari dunia pemograman. Ya, dunia yang penuh dengan script-script pemograman khususnya tentang web. Ya, dunia yang kata orang kebanyakan membuat pusing bin njelimet dengan rangkaian kode yang berkaitan erat dengan logika. Tapi, ya, dunia ini yang membuat saya jatuh cinta dan menemukan pashion untuk "hidup lebih hidup lagi".
Banyak hal yang harus saya pelajari dan mungkin hanya beberapa hal saja yang harus saya kuasai. Mengetahui banyak hal memang penting, tapi menguasai satu atau beberapa hal yang kita sukai akan lebih bermanfaat :) Jadi, meskipun saya sampai riweuh sendiri karena merasa sudah sangat ketinggalan dan tidak update dengan perkembangan dunia pemograman tapi saya tetap harus membuat keputusan bagian mana saja yang harus saya kuasai dan pelajari dengan sepenuh hati. Jangan hanya sekedar hantam kromo dengan ilmu pengetahuan tapi ketika di-aplikasi-kan malah kebingungan karena hanya mengetahui kulit luarnya saja.

Saya bahkan sudah menulis list ilmu pemograman apa saja yang harus saya pelajari dan memutuskan ilmu mana saja yang harus saya kuasai. Meskipuun pada akhirnya jadi galau juga karena semua ilmu itu penting T____T Ah, pada akhirnya kita tetap harus membuat keputusan dan memilih kan?

Ada Dreamweaver, salah satu software developer web yang pernah saya pelajari saat kuliah dulu dan saat ini membangitkan samangat saya untuk menguasainya lagi. Salah satu software yang sangat berguna bagi saya yang ingin mengeksplor potensi sebagai web developer :)

Berbagai software pengolah grafis seperti Corel Draw, Photoshop, Ilustrator maupun yang berkaitan dengan animasi seperti Flash MX. Dari berbagai software pengolah grafis itu saya lebih menguasai Corel Draw, tapi saya juga ingin mempelajari lebih dalam tentang software lainnya, hitung-hitung nambah pengetahuan :D

SEO, JavaScript, jQuery, AJAX, XML, dan metode pemograman berbasis web lainnya. Kalau tentang script kode begini mah jujur saya katakan kalau benar-benar njelimet dan memusingkan tapi kalau rasa penasarannya sudah keluar... wuiiihhhh berapa jam pun bakal dijabanin untuk mempelajari script-script kode ini :p

Ah dan ya, siang ini saya menemukan hal baru dalam dunia pemograman, atau mungkin sayanya saja yang telat mengetahuinya ya. Yaitu adanya semacam program untuk mempermudah programmer atau blogger agar web atau blog-nya bisa nangkring di page one-nya google. Saat mengetahui hal ini saya sedikit kaget, karena bagi saya aplikasi (lebih tepatnya beberapa kode pemograman) ini bisa dikategorikan sebagai kecurangan yang dilakukan secara halus.

Melakukan "ping" terhadap sebuah blog atau web dengan menggunakan widget agar blog atau web kita bisa segera tampil di halaman pertama mesin pencari google. Hal yang sangat simple, mudah dan hasilnya bisa sangat efektif! Wowww... sangat berbanding terbalik dengan kerja para programmer yang harus berpikir lumayan keras untuk meletakkan beberapa keyword yang passss agar google bisa menempatkan blog atau web-nya di halaman pertama.

Hanya cuma di klik sekali saja blog atau web kita bisa naik ke page one! Coba bandingkan dengan isi pikiran si programmer, walah, berbanding terbalik yak :D

Adanya metode "nge-ping" blog seperti ini jadi membuat saya penasaran dan ingin mengetahui cara atau sistem kerjanya seperti apa. Terkadang kita juga harus mempelajari "jalan pintas" untuk mempermudah suatu pekerjaan. Hal ini dapat dilakukan dalam konteks yang masih bisa ditoleransi, misalnya untuk tujuan bisnis dan menaikkan trafic pengunjung di blog agar banyak yang membeli. Tapi kalau masih dalam konteks untuk berbuat curang, saya sendiri tidak merekomendasikannya.

Ketika saya telusuri tentang kegiatan "nge-ping" blog ini sepertinya tidak bisa dikatakan sebagai murni tindakan curang, karena script kode itu hanya bertugas untuk melakukan ping terhadap alamat blog kita agar segera dijemput oleh mesin pencari.

Apa pun ilmu pengetahuan yang kita dapatkan dan miliki sebaiknya memang dipergunakan untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi sesama. Jangan untuk mencurangi dan merugikan orang lain. Terlepas dari itu semua, terserah kepada Anda apakah tertarik dan ingin mencoba juga kehebatan "nge-ping" ini atau sekedar ingin tahu saja :)

Wohoooo... tutorial AJAX yang sedang saya pelajari sampai terbengkalai karena ikutan "nge-ping" blog juga, hehehe :p


-200913-

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis