13 September 2013

Passion

Apakah Anda sudah bertemu dengan passion dalam hidup ini? Mungkin sebagian akan menjawab "sudah", sebagian yang lain akan menjawab "belum" sedangkan sebagian lainnya mungkin akan menjawab dengan keraguan, antara ketidaktahuan atau ketidakpedulian dengan passion hidupnya sendiri. Atau ada juga yang sedang berkecimpung dalam proses menikmati passion itu sendiri.

Kapan seseorang akan bertemu dan yakin menjalani passion hidupnya? Mungkin akan ada banyak hal dan banyak faktor yang akan mempertemukan seseorang dengan passion dan tujuan hidupnya, tentang hal paling membahagiakan apa yang akan mengubah hidupnya. Tetapi tergantung bagaimana sikap orang tersebut, apakah mau mengambil jalan bersama passion-nya atau meninggalkannya di tempat dimana dia menemukannya semula.

Pashion ya... aku sendiri mungkin termasuk ke dalam orang yang baru saja menemukan atau lebih tepatnya baru menyadari apa arti passion sebenarnya dalam hidup. Ketika aku baru disadarkan bahwa "inilah passion-mu sesungguhnya", bahwa "di sinilah jiwamu berada", bahwa "di sinilah kau merasakan dahaga yang teramat sangat akan ilmu pengetahuan", bahwa "dengan cara inilah dirimu bisa bangkit dan menghasilkan karya", bahwa "kau baru menyadari ketidakpuasanmu atas semua potensi", bahwa "beginilah salah satu cara terhebat untuk mengeksplor kemampuan".

Terkadang kita memang harus di "bangunkan" dengan cara yang berbeda untuk menyadari suatu hal yang sebenarnya telah lama kita jalani sebagai pemicu dari hasil karya kita selama ini. Mungkin masih terlihat sulit untuk menyadarkan diri sendiri bahwa "inilah passion yang selama ini ku cari". Dan ketika kita telah sadar apa itu passion, maka tidak ada satupun yang dapat membendung luapan ide atau apa pun yang dihasilkan dari passion itu sendiri.

Lantas, apa passion hidup yang baru saja aku sadari? Dunia menulis, desain dan programming adalah sebenarnya passion hidupku. Hal yang sebenarnya telah lama kujalani, hal yang sebenarnya sudah lama kunikmati, tapi anehnya tidak kusadari :D

Jiwaku merasa sangat bebas menjalani hidup dengan berkecimpung dan menenggelamkan diri dalam ketiga dunia itu. Aku menemukan dunia yang nyaman tempat untuk meluapkan segalanya dan menghasilkan sebuah karya. Meskipun aku tahu kalau aku tidak memiliki bakat di dunia desain, tapi aku tertantang dan penasaran ingin mengeksplor semua kemampuanku untuk menaklukkannya dan untuk memuaskan batinku bahwa segala sesuatu itu pasti bisa dilakukan selama ada kemauan.

Seorang sahabat berkata, "Ikuti semua rasa ketidakpuasanmu itu. Ikuti semua rasa penasaran itu. Karena itulah passion-mu. Karena itulah duniamu. Karena disitulah jiwamu"

Selama ini aku menentangnya, aku terlalu terpaku pada sistematis atau peraturan tidak tertulis yang kubuat sendiri untuk mendisplinkan jalur hidup. Well, terkadang peraturan itu dibuat memang untuk dilanggar, hehehe.... Tidak selamanya keteraturan atau kedisplinan akan terlihat baik, belajarlah untuk melakukan banyak hal secara kontemporer, melakukan mix and match dengan cara yang manis tapi tetap menghasilkan karya dan tidak lari dari ketentuan atau tujuan yang telah dibuat.

Aku memang tipe orang yang perfectionist, segala sesuatunya harus sesuai dengan sistem dan sistematika yang kubuat sendiri. Meskipun aku sadar kalau hal itu membuat keadaanku semakin sulit dan berada di area "stuck" tapi tetap saja aku mempertahankan pemikiran ini, akhirnya jadi pusing sendiri, hahahaha....

Garis yang kubuat penuh dengan sudut dan garis, persis seperti jalan hidup yang kurancang. Tampak tidak terlihat seninya karena sedikit sekali (hampir tidak ditemukan) adanya lengkungan kehidupan. Terkadang intropeksi diri itu terlihat menyenangkan bila kita menertawakannya sejenak dan menganggap semua kesalahan adalah hal yang konyol, hal yang pantas untuk ditertawakan, dan kemudian segera diperbaiki.

Setelah sekian lama, finally, aku sadar apa itu passion \\^o^//

Terima kasih Rabb ^^

Jadi, apakah Anda sudah menemukan passion dalam hidup ini?
Apakah Anda sudah menyadari passion apa yang membuat Anda semakin "hidup"?
Apakah Anda menikmati proses menikmati passion ini?
Jawab sendiri ya :)


-130913-
My name is IrDA

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis