31 Mei 2011

Homeopathy

Tubuh kita adalah sistem biologis yang paling efektif untuk melawan penyakit jika dalam kondisi yang seimbang dan optimal. Pengobatan medis konvensional mengandalkan obat-obatan dari bahan kimia dan tidak ada penyesuaian terhadap karakter fisiologi maupun psikologis pasiennya. Malah dosis obatnya bisa menimbulkan berbagai efek samping yang dapat menimbulkan masalah lain lagi khususnya untuk penyakit-penyakit kronis dan serius. Sistem pengobatan medis Homeopathy yang holistic mengembalikan keseimbangan daya tahan tubuh menjadi normal agar bisa melawan penyakitnya dengan obat-obatan yang disesuaikan terhadap karakter pasiennya tanpa bahan kimia denga aman tanpa efek samping.


Homeopathy adalah seni dan ilmu penyembuhan dengan metode yang aman, lembut dan efektif. Kata “homeopathy” berasal dari kata Yunani “homois” yang artinya “sama” atau “mirip” dan kata “pathos” yang artinya “keluhan”. Penyembuhannya bekerja dengan prinsip “simillia simillibus curentur” yang artinya, apa yang bisa menyebabkan bisa menyembuhkan. Maka, sesuatu yang bisa menimbulkan penyakit di orang yang sehat apabila diberi dosis yang tinggi (seperti halnya racun), akan menyembuhkan orang yang sakit dengan gajala yang sama (symptom yang sama) apabila diberikan dengan dosis yang di-potentis dari bahan yang sama. Bahan yang dipotentis (secara homeopathy) akan memicu kemampuan badannya untuk sembuh sendiri. Konsep ini telah diketahui sejak era Hippokrates tahun 450BC dan telah dikembangkan sepanjang zaman, akhirnya penyelidikan ilmiah yang lebih menyeluruh dilakukan oleh Dr. Samuel Hahnemann di penghujung abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Obat-obat Homeopathy telah terbukti selama 200 tahun aman dan ampuh untuk menyembuhkan penyakit dari yang kecil hingga yang serius, akut dan kronis, fisikal dan emosional. Homeopathy dapat mengambil peran yang penting untuk mencegah penyakit. Obat-obat Homeopathy bisa mendukung pengobatan konvensional (alopathy) dan/atau menjadi pengobatan alternative. Homeopathy tidak mempunyai efek samping apabila diberikan secara teratur dan aman untuk bayi, anak-anak juga wanita yang sedang hamil.

Walaupun hasil yang cepat bisa dirasakan, terutama untuk gejala-gejala yang akut, sekiranya vitalitas pasien tersebut rendah (kemungkinan akibat penyakit-penyakit sebelumnya, vaksinasi, atau obat-obat konvensional), maka harapannya adalah penyembuhan bertahap yang memakan waktu lebih lama untuk penyakit-penyakit kronis (yang sudah berlanjut sekian waktu). Kenyataannya, banyak individu dengan berbagai macam penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan metode lain berhasil dismebuhkan hanya dalam beberapa kali pertemuan saja. Ada juga yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

Homeopathy bisa menyembuhkan semua penyakit. Keberhasilan Homeopathy tergantung juga pada setiap individu karena setiap orang mempunyai sifat, cirri dan riwayat yang berbeda dan unik. Maka, hasil dan jalan penyembuhan setiap orang bervariasi. Dengan ini diharapkan pasien yang berobat dengan Homeopathy untuk mengikuti saran, aturan dan menjalankan pola yang sehat, seupaya meningkatkan kemungkinan untuk sembuh total. Mereke yang teliti dan mengikuti cara pengobatan ini dengan teratur telah banyak mendapat hasil yang memuaskan untuk kesehata mereka.

Bahan yang digunakan sebagai media pengantar obat adalah laktosa. Laktosa tersebut hanyalah media untuk membawa obat yang sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan pasien. Laktosa adalah bahan derivative susu sapi yang tidak mempunyai efek samping yang harus dikhawatirkan.

- Prof. Dr. Mangantar Simanjuntak -

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis