11 Januari 2013

Rahmat Kecintaan Akan Ilmu Pengetahuan

Sumber

Beberapa hari ini, berkah Allah saya rasakan sangat indah. Ketika Dia memberikan kabar bahagia atas kesabaran yang selama ini saya lakukan, ketika Dia menunjukkan jalan sebenarnya atas apa yang seharusnya saya lakukan, ketika Dia memberikan rezeki dan atas rezeki itu beberapa masalah saya selesai, dan ketika lainnya yang membahagiakan saya.

Subhanallah…. Seperti inilah rasanya buah dari kesabaran, memang terasa pahit dan menyesakkan di awal, tetapi terasa sangat manis diakhir. Semoga hamba tetap menjadi orang yang qanaah dan istiqomah untuk tetap bersabar di jalan-Mu ya Rabb, amin ya Rabb J

Selama beberapa bulan ini, saya memang berkecimpung dalam dunia desain grafis, dunia yang dulunya sangat “menakutkan” bagi saya. Selama ini saya telah mensugesti diri sendiri kalau saya adalah orang yang “buta” dengan hal-hal yang berbau visual, seperti menggambar atau mendesain. Sugesti yang timbul sejak saya masih kanak-kanak perlahan terhapuskan dan tergantikan dengan rasa percaya diri bahwa saya juga memiliki bakat di bidang ini. Mungkin bukan bakat murni, tapi keahlian yang hadir karena latihan demi latihan yang saya lakukan, meski hanya secara otodidak.

Setelah berkenalan dengan dunia desain, saya mulai merasakan jatuh cinta, hingga tanpa sadar saya mengenyampingkan cinta saya yang lain, yaitu menulis. Mungkin saya berusaha untuk membela diri karena sempat menghilang dan vakum dalam waktu yang cukup lama dalam dunia tulis-menulis, tapi kecintaan saya akan ilmu dan kehausan saya untuk mendapatkan hal-hal yang baru membuat saya harus mengorbankan salah satu. Ah, sebenarnya ini semua hanya bermasalah pada management time kan? Manusia ini memang tempatnya ngeles  ya :p

Keinginan untuk tetap menulis selalu ada, karena jiwa saya memang ada di dunia ini. Bertambah lagi cinta saya dengan adanya bidang desain grafis yang saya tekuni. Dulu saat kuliah, saya memang sudah berkenalan dengan desain grafis, tapi hati saya lebih tertarik pada dunia pemograman, ya meskipun tidak jago-jago amat sebagai programmer tapi ilmu yang saya dapatkan sungguh sangat berguna. Jadilah sekarang jiwa dan cinta saya terbagi tiga, menulis, memrogram, dan mendesain. Violaaa… sungguh berkah yang sangat membahagiakan bagi saya. Alhamdulillah ya Robb :D

Kembali ke cerita mendesain tadi, sangking kemaruk-nya saya dengan dunia desain sehingga saya membuat sebuah web khusus yang berisikan hasil desain otodidak saya, yaitu beralamat di www.irda.web.id . Mungkin hasil desain yang saya tampilkan di sana masih jauh dari kata perfect atau brilliant atau hebat atau sebagainya, tapi itulah yang saya sebut sebagai proses belajar dan latihan. Tidak ada seorang bayi pun yang baru lahir sudah bisa berjalan atau berlari, begitu juga dengan bidang yang kita geluti. Insya Allah saya akan tetap istiqomah untuk belajar dan terus belajar. I love learning J

Hingga suatu ketika di bulan Januari 2013 ini, Allah mengantarkan langkah saya ke sebuah kompetisi desain dunia. Kompetisi yang berisikan para desainer professional maupun amatir. Kompetisi yang memberikan hadiah cukup menggiurkan untuk menghargai sebuah desain logo. Tidak ada syarat mutlak, yang ada hanyalah Anda harus bisa mendesain, just that.

Tapi yang namanya kompetisi ya harus bersaing ketat, siap-siap untuk dieliminasi. Pada awalnya saya hantam kromo dengan semua project yang mereka sediakan. Saya mengikuti beberapa project sekaligus dan membuat berpuluh-puluh desain logo dalam satu hari. Namun hasilnya adalah, sebagian besar di eliminasi dan sebagian kecil mendapatkan rate satu atau dua buah bintang, belum pernah menjadi bagian dari finalis. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang bersedia memberikan feedback bagaimana seharusnya desain yang harus saya lakukan.

Asli malu kalau membaca feedback mereka, cengar-cengir sendiri kalau melihat news ternyata hasil desain saya tereliminasi, hahaha :D Tereliminasi bukan berarti kita harus marah-marah, bukan berarti kita harus bersedih, dan bukan berarti kita harus berputus asa, namun itulah bentuk lain dari proses untuk mencapai anak tangga yang lebih tinggi. Saya semakin bersemangat untuk mendesain dan memutar otak untuk mengganti strategi.

Belajar dari proses hantam kromo tersebut akhirnya saya putuskan untuk mengikuti beberapa project dan mendesain dalam jumlah yang sedikit saja, sehingga saya lebih fokus pada kualitas dan kesempurnaan seperti yang mereka inginkan, bukan berfokus pada kuantitas semata. Alhamdulillah semakin bertambah lagi ilmu yang saya dapatkan.

Selain saya bisa mendesain, ternyata saya juga sudah mulai pintar menggambar objek menggunakan pinsil di atas kertas, hahaha… Selama ini saya memang terbenam terlalu dalam di kubangan sugesti bahwa saya tidak mampu menghasilkan karya yang berhubungan dengan desain. Bahasa Inggris saya juga mulai berkembang lagi dengan bertambahnya kosakata yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Kamus online memang harus selalu tersedia bila saya berinteraksi dengan project desain.

Memang sampai saat ini saya belum pernah memenangkan satu kompetisi pun, namun saya yakin, Insya Allah bila ilmu desain grafis saya sudah mencapai tahap yang seharusnya maka rezeki itu akan datang dengan sendirinya. Memang masih dalam hitungan beberapa hari saya mengikuti dan begelut dengan kompetisi desain ini, namun semangat untuk membuktikan pada diri sendiri bahwa saya mampu tetap mengobarkan kecintaan saya akan ilmu.

Saya melukiskan keadaan tersebut dengan kata-kata seperti ini : “Tanpa kita sadari, sebelum Allah menerjunkan kita ke dalam ‘peperangan’ yang sebenarnya, terlebih dahulu Dia memberikan banyak ‘latihan’ dan menempatkan kita di dalam kondisi yang serupa untuk menempa dan mengeluarkan kemampuan terbaik kita”.

Insya Allah saya akan istiqomah dalam dunia menulis, mendesain dan memrogram. Meskipun terkadang salah satu dari ketiga bidang tersebut saling berebut untuk menjadi dominasi dan menghabiskan waktu saya. Tapi itulah enaknya memiliki banyak kecintaan akan ilmu pengetahuan, bila sudah merasa stuck dengan salah satu bidang maka saya bisa melirik dan mengerjakan bidang lainnya :D

Subhanallah… Terima kasih atas segala rahmat dan karunia-Mu ya Allah J


110113

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis