7 Mei 2014

Eliminasi

Judulnya memang eliminasi dan topiknya juga memang tentang eliminasi, tetapi pembahasan eliminasi di sini tidak berkaitan dengan acara ajang pencarian bakat di televisi. Eliminasi ini berkaitan dengan passion saya dalam mengikuti ajang kontes desain logo.

Hhmmm sepertinya sudah kurang lebih 1 tahun ini saya menjalani profesi sebagai freelance designer, yang khusus dalam graphic design seperti pembuatan logo, kartu nama, cover buku, spanduk, flyer, brosur, dan lain-lain (maap ya kalau jadi promosi diri, hehehe :p)

Saya ini termasuk ke dalam golongan pribadi yang sulit berimajinasi (atau ini hanya sugesti saya saja ya, entahlah…). Semenjak kecil, saya selalu kesulitan dalam mengekspresikan perasaan ke dalam sebuah gambar. Gambar yang saya buat pun selalu monoton dan terlihat kaku, terlihat dengan bermacam sudut yang terbentuk dan terkadang harus simetris sesuai yang saya inginkan. Hasilnya tampak membosankan… :)

Mungkin pemikiran saya terpengaruhi oleh paradoks bahwa dunia desain itu penuh dengan imajinasi, keajaiban, sensasi, misteri, dinamis dan tidak kaku. Mungkin saya masih berada di area “inside the box” dan belum benar-benar menuju area “out of the box”. Sekali-kali melarikan diri itu perlu, apalagi bila melarikan diri dari “kotak” tersebut dan menemukan banyak hal imajiner yang membelalakkan mata :D

Belajar untuk mendesain grafis ini pun saya lakoni secara otodidak. Saya percaya bakat itu hanya memiliki porsi sekian persen untuk membuat seseorang sukses dan berhasil, selebihnya adalah usaha, latihan dan tawakal pada Allah SWT. Jadi, bila dikatakan saya ini tidak berbakat dalam men-desain, tapi saya masih bisa berusaha dan latihan terus-menerus untuk mengasah kemampuan saya. Bagaimanapun seseorang tidak akan mengetahui potensi apa saja yang dimilikinya bila dia sendiri tidak mau berusaha untuk menggali dan mengasahnya.

Lantas, semenjak mengikuti kompetisi desain tersebut, apakah saya pernah menjadi pemenangnya? Wohoo… belum! Tapi Insya Allah saya yakin suatu saat nanti saya akan menjadi pemenang dan mendapatkan reward-nya, meskipun saya tidak tahu kapan saat itu akan tiba. Selama ini, hasil desain saya pernah mendapatkan label bintang tiga (bukan bintang tujuh ya :D), itu adalah prestasi yang sangat membanggakan, meskipun saya tidak masuk ke dalam kategori finalis tapi itu merupakan bukti kepada diri saya sendiri bahwa saya mampu, “I CAN DO IT! YEAHHH…!”

Dan, akhir-akhir ini, hasil desain saya selalu masuk ke dalam kategori eliminasi… :( Sedih juga sie, tapi saya tidak mau putus asa, justru saya semakin penasaran dengan kemampuan desain saya yang sepertinya belum keluar secara optimal. Saya ingin selalu latihan dan belajar tentang dunia desain. Saya yakin kalau saya mampu menghasilkan desain yang bagus, professional dan elegan, Insya Allah.

Well, the war is never ending for the strong people.
Trying again is the only words that you have, if you wants to be the winner.
-Irda-


-070514-

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis