30 Oktober 2011

Keingintahuan Anak yang Harus Didampingin


Himbauan kembali kepada para orang tua agar lebih hati-hati dan lebih memperhatikan anak-anaknya. Himbauan ini kembali saya suarakan karena saya baru mengalami kejadian yang bisa dibilang hampir saja fatal.

Pagi ini, ketika saya sedang menyapu rumah, sepupu saya yang baru berusia 5 tahun sedang sibuk mencari vitamin kesukaannya. Botol vitamin itu terletak di atas meja dan dengan segera dia mengambilnya. Namanya Auryn dan dia adalah seorang bocah perempuan yang sangat aktif dan selalu ingin tahu, rasa ingin tahunya yang tinggi membuatnya selalu mencari tahu segala sesuatunya dengan caranya sendiri tanpa bertanya kepada orang yang lebih tua, mungkin karena anak-anak ya.

Saya hanya memperhatikan tingkahnya saja. Auryn memang sangat menyukai vitamin yang berbentuk unik itu, dan rasanya yang serupa dengan rasa buah-buahan membuatnya selalu ingin memakannya. Diambilnya botol vitamin itu dan dibukanya sendiri, mungkin karena isinya memang sudah habis akhirnya dia mengeluarkan sebuah bungkusan kecil.

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan apa isi bungkusan itu, yang teryata adalah sebuah bungkusan pengawet makanan. Auryn tidak bertanya kepada saya dan dia langsung membuka bungkusan yang dikiranya adalah vitamin. Saya kaget dan langsung memanggilnya, menghampirinya dan mengambil bungkusan pengawet itu.

Saya jelaskan bahwa barang ini bukanlah vitamin yang sering dimakannya, tapi bungkusan ini sangat berbahaya dan tidak boleh dimakan sama sekali. Dia hanya melihat saya dengan mata yang kecewa, ya mau bagaimana lagi, barang itu memang bukan untuk dimakan. Hingga akhirnya Auryn pergi meninggalkan botol vitaminnya yang kosong.

Saya langsung kebayang kalau saja saya terlambat untuk memperingatkannya maka entah apa yang akan terjadi. Seorang anak yang tidak tahu apa-apa tentang barang apa yang dipegangnya maka akan berakibat fatal bagi dirinya sendiri bilamana tidak ada orang dewasa yang mendampinginya.

Pelajarannya adalah, untuk sekali lagi, meskipun saya belum menjadi orang tua, belum menjadi seorang ibu, namun tidak ada salahnya bagi kita semua untuk saling mengingatkan dan untuk saling memperhatikan. Mungkin, ibunya sedang sibuk hingga tidak sempat lagi untuk memperhatikan tingkah anaknya yang sedang aktif-aktifnya, maka disinilah peran orang dewasa lainnya untuk membantu memperhatikan anak-anak seperti Auryn.

Memang, anak-anak yang menginjak umur 5 tahun ke atas mulai memasuki masa keingintahuan yang sangat tinggi, apalagi di zaman serba canggih seperti sekarang ini, semuanya selalu dipermudah. Kalau para orang tua tidak bisa meluangkan waktunya untuk lebih memperhatikan anak-anaknya, maka Anda harus benar-benar memiliki rasa kewaspadaan yang sangat tinggi terhadap perkembangan anak.

Bukan untuk mengekang anak, tapi lebih kepada mengajarkan apa yang seharusnya mereka ketahui. Berikan penjelasan singkat namun dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh mereka. Jangan hanya memarahi dan membentak agar anak mau menurut, memang cara tersebut akan membuat anak  menurut tapi hanya untuk sementara dan selanjutnya akan memberontak dan semakin tidak terkendali.

Jadi, para orang tua harus lebih bijaksana lagi dalam menghadapi anak-anaknya. Para orang-orang disekeliling mereka, seperti kita ini juga harus ikut memperhatikan mereka. Jangan hanya karena kita bukan orang tua mereka jadi kita bertindak masa bodoh, itu adalah sebuah tindakan yang tidak manusiawi, toh apa salahnya berbuat kebaikan untuk masa depan anak-anak itu, karena dengan tindakan seperti ini mungkin saja ketika kita punya anak nanti maka orang-orang di sekitar kita juga akan memberikan perhatian yang sama kepada anak kita.

Pemberian vitamin kepada anak juga harus diperhatikan para orang tua, perhatikan kemasannya, bentuk vitaminnya, cara mengonsumsinya, cara penyimpanannya, efeknya, kadaluarsanya, apakah terdapat bahan pengawet lainnya, dan lain sebagainya. Vitamin dapat membantu anak menjadi lebih sehat, namun jika dipergunakan tidak sebagaimana semestinya maka akan menjadi hal yang merugikan dan mengerikan.

Semoga info dan sharing ini bermanfaat untuk para orang tua dan para orang dewasa.
Selamat berhari minggu ^^


301011

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis