30 November 2011

Tips Menjaga Kesehatan Payudara


Menjaga dan memelihara kesehatan payudara sangat penting sekali dilakukan oleh wanita agar payudaranya tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan payudara, yaitu :
1.       Mengurangi Makan Makanan Berlemak
Pola makan yang tinggi lemak hewani bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Menurut para ahli, pola makan kaya lemak bisa menghasilkan zat kimia dalam usus, dimana zat kimia itu akan dirubah oleh bakteri menjadi estrogen, yaitu salah satu penyebab kanker. Estrogen ini kemudian disimpan di dalam jaringan lemak di payudara sehingga membuat sel dalam area ini tumbuh menjadi kanker.

2.       Tingkatkan Konsumsi Serat
Konsumsi buah-buahan dan sayuran sangat penting untuk mencegah kanker payudara. Serat yang terkandung di dalam sayuran dapat mempengaruhi metabolism estrogen di dalam tubuh dan menurunkan estrogen dalam darah.

3.       Mengonsumsi Banyak Sayuran
Mengonsumsi banyak sayuran seperti brokoli, kubis brussel, kol, bok choy, kangkung, bayam, kembang kol, lobak cina dan sayuran hijau lainnya sangat baik bagi kesehatan payudara karena mengandung komonen sulfur yang disebut indoles. Indoles dapat membantu mengurangi estrogen dari tubuh dan mencegah tumbuhnya kanker payudara.

4.       Mengonsumsi Ikan
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sedikitnya tiga porsi ikan laut setiap minggu seperti ikan tuna, salmon, makarel dan sarden dapat membantu mencegah kanker payudara. Minyak omega yang biasanya ditemukan dalam ikan ini bisa membantu memperkuat sistem kekebalan dan menghalangi pengaruh tumor yang menyebabkan kanker.

5.       Mengonsumsi Kedelai
Beberapa ilmuwan yakin bahwa dengan mengonsumsi produk kedelai bisa melindungi Anda dari hormon penyebab tumor. Kacang kedelai dan produk kedelai lainnya mengandung genistein, sebuah estrogen alami yang mengikat pada reseptor dalam payudara sehingga tidak mungkin terjadi tumbuhnya kanker.

6.       Olahraga Teratur
Penelitian di mana wanita yang melakukan olahraga erobik selama 3,8 jam atau lebih per minggunya, sedikit kemungkinannya untuk terserang kanker payudara bila dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah olah raga sama sekali.

Demikianlah beberapa tips untuk Anda, para wanita Indonesia agar selalu menjaga kesehatan payudara dan memiliki payudara yang sehat dan indah.


**Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis