7 Desember 2011

Fungsi dan Manfaat Jurnal Kesehatan Pribadi


Dalam sebuah pekerjaan yang bermain dengan data, maka akan terdapat berbagai hipotesa dan berbagai bentuk laporan yang dapat diolah hingga menjadi sebuah informasi. Data tersebut di kumpulkan dari beragamnya kegiatan yang telah dilakukan, baik yang masih dalam bentuk plan atau kertas kerja sederhana, pekerjaan yang sedang dilaksanakan dan in progress, maupun pekerjaan yang telah selesai dikerjakan.

Begitu juga halnya dengan tubuh kita. Tubuh adalah sebuah pabrik super yang dirancang khusus oleh Tuhan dengan berbagai kegiatan dan metabolismenya. Setiap hari, tubuh mengalami berbagai proses yang berbeda-beda dan mengakibatkan reaksi yang berbeda pula. Berbagai reaksi yang terjadi pada tubuh merupakan salah satu data yang sangat penting bagi kita sendiri.

Ilmu mempelajari penyakit ternyata sangat berguna, semua orang bisa mempelajarinya dan memahaminya tanpa harus mengambil kuliah kedokteran. Mengapa? Karena kita sedang mempelajari penyakit yang terdapat di dalam tubuh kita sendiri, karena secara tidak langsung kita mempelajari bagaimana kondisi tubuh kita.

Salah satu cara untuk mempelajari tubuh adalah dengan mengumpulkan data-data penting yang terjadi  dengan membuat sebuah jurnal kesehatan. Seperti namanya “jurnal”, maka jurnal ini dibuat berdasarkan kalender, yaitu rutin di update setiap hari bila diperlukan, atau juga di update bila terdapat penyakit dan perubahan yang aneh terjadi pada tubuh kita. Jurnal ini berisi tentang data-data dan informasi penting apa saja yang terjadi pada tubuh kita.

Banyak data penting yang ditunjukkan oleh tubuh, misalnya, bila kita menderita penyakit tertentu seperti kanker dan kita melakukan pengobatan secara alternatif berbahan dasar obat herbal, maka jangan ragu untuk mencatat di jurnal kesehatan Anda. Pada tanggal berapa Anda mulai meminum obat, apa reaksi tubuh ketika pertama kali menerima obat tersebut. Informasi penting lainnya seperti siapa nama orang yang memberikan pengobatan alternatif itu, dimana alamatnya, berapa nomor kontaknya, bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam obat herbal itu, berbahaya atau tidak, menimbulkan alergi atau tidak, berapa jumlah takarannya atau dosisnya, berapa lama jangka waktu pengobatannya, dan informasi penting lainnya.

Begitu juga bila Anda melakukan pengobatan ke dunia medis, catat juga data dan informasi pentingnya, seperti mulai dari tanggal berapa Anda merasakan sakit dan berobat ke dokter, siapa nama dokternya, dia spesialis apa, alamat dan nomor kontaknya (bila perlu mintalah kartu namanya), obat-obatan apa saja yang dia resepkan, menimbulkan alergi atau tidak, suntikan jenis apa yang diberikan, berapa dosisnya, berapa lama jangka waktu obatnya. Data dan informasi ini juga termasuk kepada tindakan operasi, operasi jenis apa, untuk penyakit Anda yang mana, apa saja prosedurnya, berapa lama durasi operasinya, apa efek sampingnya, siapa saja yang bertanggung jawab terhadap operasi itu, apa saja obat-obatan yang diberikan, dan informasi lainnya.

Masih banyak detail yang harus Anda catat di dalam jurnal kesehatan pribadi Anda. Apakah ada perubahan secara drastis atau perubahan secara lambat pada tubuh Anda. Apakah Anda mengalami kejadian yang mengganggu kondisi fisik dan mental Anda. Apakah Anda mengonsumsi sesuatu secara berlebihan. Apa saja kebiasaan Anda yang berpengaruh kepada kesehatan. Apa saja pengaruh dan keadaan lingkungan di sekitar yang akan berdampak terhadap kesehatan Anda. Dan hal-hal penting lainnya.

Mengapa jurnal kesehatan ini sangat penting? Jurnal kesehatan sederhana seperti ini sangat penting karena berfungsi sebagai laporan atau rapot bulanan atau mingguan Anda, khususnya bila Anda sedang mengalami suatu penyakit yang diharuskan menjalani pengobatan secara jangka panjang. Jurnal seperti ini mungkin sudah ada yang mengaplikasikannya dalam kehidupan, hanya saja tidak semua orang memiliki rasa kepedulian yang tinggi untuk membuat jurnal ini.

Kesadaran akan pentingnya data dan informasi yang ditunjukkan oleh tubuh kita sering kali dianggap sepele dan tidak penting sama sekali. Namun ketika tiba-tiba Anda merasakan dan mengalami penyakit yang dirasa tidak mungkin dan merupakan suatu penyakit berbahaya, barulah Anda akan sadar betapa pentingnya mengetahui gejala-gejala awal penyakit itu melalui jurnal kesehatan.

Manfaat jurnal kesehatan juga sangat banyak, seperti fungsinya sebagai barang bukti yang akurat dan jelas bila suatu waktu Anda mengalami kejadian yang merugikan kesehatan Anda. Jurnal ini juga berfungsi sebagai fakta penting yang tidak diragukan lagi dalam mengambil sebuah keputusan untuk masa depan Anda. Jurnal sederhana ini juga dapat menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan bagi Anda dan orang lain yang membutuhkan.

From Google
Jurnal kesehatan adalah kumpulan sejarah kesehatan dan hidup Anda. Tidak perlu repot-repot memikirkan apa saja yang telah terjadi beberapa tahun belakangan ini atau kejadian semenjak Anda lahir, cukup di mulai dengan hari ini, dimulai dari sekarang, namun bila data dari masa lalu itu mengandung informasi yang sangat penting maka tambahkanlah dalam jurnal Anda.

Ide membuat jurnal kesehatan ini telah lama terngiang di otak saya, namun karena adanya kesepelean dan ketidakpedulian akan pentingnya jurnal kesehatan ini maka saya selalu menunda-nunda dan itu bukanlah tindakan yang patut untuk dibenarkan. Sudah seharusnya saya berubah demi kesehatan saya sendiri. Dan, saya pun mulai membuat jurnal kesehatan untuk diri saya, saya ingin lebih peduli pada tubuh saya. Maka dari itu, ide membuat jurnal kesehatan ini saya sharing kepada Anda semua, semoga Anda juga dapat mempelajari penyakit dan tubuh Anda sendiri, semoga Anda bisa menerapkannya untuk kesehatan Anda. Dan, mungkin di luar sana juga terdapat orang-orang yang lebih dulu memiliki ide yang sama seperti ini atau bahkan mereka telah melaksakannya lebih dulu.

Berbagi ide dan berbagi ilmu tidak akan pernah mengurangi kadar ilmu itu sendiri, justru akan semakin bertambah dengan berbagai masukan seperti saran dan kritik yang membangun.

More care to your self, right now and don’t ever waiting and waiting again J


071211

ShareThis