27 Desember 2011

Menyambut 2012 dengan Resolusi Jurnal Kesehatan Pribadi

Beberapa saat lalu saya membuat sebuah tulisan yang berjudul Fungsi dan Manfaat Jurnal Kesehatan Pribadi. Dimana pada tulisan tersebut saya menjelaskan pentingnya membuat jurnal kesehatan pribadi dan berbagai manfaat yang dapat diambil dari adanya jurnal ini.

Saya sendiri baru menjalaninya pada pertengahan bulan Desember 2011 ini, meskipun selalu saja ada halangan untuk berkomitmen penuh terhadap peng-update-an jurnal pribadi, tapi saya sendiri berusaha keras untuk membuatnya menjadi kebiasaan.

Jurnal kesehatan pribadi saya berbentuk sebuah buku berwarna merah dan bergambar bunga mawar. Salah satu cara agar Anda selalu meng-update jurnal kesehatan adalah pemilihan tampilan buku yang unik, agar Anda selalu merasa senang melihatnya dan segera ingat dengan tugas rutin update-nya.

Pada awal halamannya, saya menuliskan keterangan tentang riwayat penyakit kronis yang pernah diderita. Semua penyakit yang tergolong parah yang pernah saya idap dari kecil hingga sekarang, semua keterangannya saya catat. Bahkan hingga informasi seperti berapa kali saya masuk rumah sakit dan berapa lama saya di rawat di sana.

Berbagai ramuan herbal yang pernah saya konsumsi juga saya catat di jurnal sederhana itu. Mulai dari jenis bahan apa saja, berapa takarannya, waktu pengkonsumsiannya, hingga efek yang ditimbulkan kepada tubuh saya. Meskipun masih banyak informasi detail yang tidak saya tuliskan, berhubung dengan waktu kejadian yang telah lama sehingga tidak memungkinkan bagi saya untuk mengingatnya secara detail.

Menjelang akhir tahun 2011 ini, saya telah membuat beberapa resolusi untuk menyapa tahun 2012 nanti, yaitu dengan menghadirkan beberapa sistem yang mempermudah peng-update-an jurnal kesehatan pribadi ini. Mulai dari sistem di hardcopy dan softcopy-nya juga telah saya persiapkan. Sistem pada hardcopy adalah sistem yang saya terapkan pada buku jurnal kesehatan pribadi saya. Berupa beberapa perubahan dalam pengumpulan data kesehatan tubuh saya, seperti tambahan beberapa poin permanen yang harus selalu ada dan di update setiap hari.

Sistem jurnal pada softcopy juga lebih mempermudah saya dalam me-manage dan memantau perkembangan kesehatan saya sendiri. Beberapa tambahan detail yang tidak ada pada sistem hardcopy ada di sini, sehingga saya bisa menggunakan dan mengolah data yang ada menjadi sebuah atau beberapa informasi yang berguna dan bermanfaat.

Tidak ada format baku dalam membuat sistem jurnal kesehatan pribadi, semua data yang dikumpukan dan di update adalah sepenuhnya dari, milik dan untuk Anda. Sistem yang bagus juga merupakan hasil  pengolahan data yang berasal dari tubuh Anda, karena informasi apa yang Anda butuhkan semuanya berasal dari data-data yang ada pada tubuh Anda sendiri.

Jurnal kesehatan pribadi ini dapat Anda aplikasikan kapan saja, dimana saja, dalam situasi dan kondisi apapun juga. Jurnal ini juga dapat Anda buat khusus untuk anak balita, untuk orang yang sedang menjalani pengobatan atau terapi khusus, untuk orang yang telah lanjut usia, atau untuk siapapun yang Anda sayangi.

Karena, suatu ketika nanti Anda pasti akan membutuhkan informasi detail yang berkaitan dengan riwayat kesehatan Anda selama ini, dan tentu saja Anda tidak perlu merepotkan diri dan memaksa otak untuk mengingat kejadian atau gejala apa saja yang pernah Anda alami secara detail, karena Anda telah memiliki sebuah jurnal kesehatan pribadi. Sebuah jurnal yang menceritakan secara detail tentang perjalanan hidup dan riwayat kesehatan Anda sendiri.


271211

ShareThis