5 Januari 2012

Yoga Bantu Atasi Kelelahan Pasca Pengobatan Kanker


Orang yang selesai melakukan pengobatan kanker, kadang mengalami kelelahan yang bisa memperngaruhi kualitas hidupnya. Tapi kelelahan ini bisa diatasi dengan melakukan yoga.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa melakukan yoga bisa membantu mengembalikan beberapa vitalitas tubuh yang hilang pada survivor (orang yang selamat) kanker payudara. Melakukan yoga 2 kali seminggi secara signifikan dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan vitalitas tubuh.

“Kelelahan yang persistent setelah pengobatan kanker adalah masalah umum yang tidak diketahui penyebabnya”, ujar Dr Maira Campos dari University of Miami’s Miller School of Medicine, seperti dikutip dari Reuters.

Studi yang dipimpin oleh Julienne Bower dari Departemen Psikologi University of California, Los Angeles ini melibatkan 31 pasien kanker payudara yang selamat di California, partisipan menjalani perawatan selama 12 minggu di UCLA Medical Centre untuk mengatasi kelelahan.

Setiap perempuan yang menjadi partisipan ini dibagi menjadi 2 kelas, yaitu ada yang mendapatkan 2 kali kelas yoga selama 90 menit dalam setiap minggu serta kelompok yang melakukan 2 jam kelas kesehatan seminggu sekali.

Pada awal penelitian, setiap kelompok memiliki skor yang sama untuk tingkat kelelahan yang dimilikinya. Namun, perempuan dari kelompok yoga terus melaporkan perbaikan yang signifikan dalam pengurangan tingkat kelelahannya.

Perempuan yang melakukan kelas yoga melaporkan adanya penurunan dalam tingkat kelelahan sebesar 26% dan peningkatan sekitar 55% energi yang berdampak pada perbaikan kualitas hidup.

Hasil studi yang dilaporkan dalam jurnal Cancer ini mendukung studi sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Nurse Practitioners pada 2010 bahwa yoga bisa membantu mengurangi kelelahan.

Meski begitu, yoga bukanlah satu-satunya cara untuk mengurangi kelelahan pasien setelah menjalani perawatan kanker. Karena mungkin latihan balet bisa memiliki efek serupa yang mana membantu mengontrol bagian atas tubuh.


Sumber : detikhealth.com

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis