17 September 2011

Wajah Dunia Nyata Dalam Dunia Maya

Iklan Google Chrome yang sekarang ini mulai sering ditampilkan di televisi memiliki ide kreatif yang mengangkat masalah sosial yang sederhana tapi sangat powefull. Pencitraan permasalahan yang mampu ditampilkan secara lugas namun dengan mudah dapat diterima secara cepat apa maksud dan tujuannya.

Ide tersebut sebenarnya telah sering dilakukan oleh para warga dunia maya, sadar atau tidak sadar, saya dan Anda semua telah ikut andil dan berperan aktif dalam penyebaran informasi yang semakin cepat ini. Tentu sangat bermanfaat sekali terlihat wajah dunia maya ini jika dapat dipergunakan dan difungsikan sesuai dengan kebutuhannya.

Semua informasi tersedia, tinggal disaring mana yang harus diterima dan mana yang harus dibuang. Bahkan, sangking cepatnya pergeseran informasi antara yang satu dan yang lain, membuat dunia pertelevisian terlihat terlambat beberapa langkah dari pergerakan dunia maya. Banyak berita dan tema yang diangkat berdasarkan trend topic yang sedang ramai di dunia maya. Benar-benar sebuah kekuatan dunia informasi yang sulit untuk dibendung.

Mau terkenal? Mau dihujat? Mau jadi sorotan publik? Mau jadi seorang pecundang? Mau jadi relawan? Mau jadi pahlawan? Mau jadi petarung? Mau jadi penjahat bertopeng? Mau jadi penonton yang baik? Semuanya ada di sini! Semua profesi yang diinginkan pun terdapat di dunia maya ini. Mau menjadi apapun, semua jalur informasinya terdapat di sini.

Tertawa, tersenyum, menangis, marah, capek, lelah, gembira, sedih, semua perasaan mampu dikendalikan dan dihasilkan oleh dunia maya untuk para warga setianya. Mampu mengikat perasaan dan menjadikannya kekuatan massa yang suatu saat jika dibutuhkan dapat direalisasikan kedalam bentuk nyata. Demo di dunia nyata mah sudah biasa, nah kalau demo di dunia maya dan menjangkit ke dunia nyata juga, itu baru luar biasa, hahaha. Semua sisi dapat disentuh, baik yang real maupun yang semu.

Mampu membuat mimpi, cita-cita, impian dan keinginan menjadi nyata. Dengan hanya menggerakkan jemari dan pergelangan tangan, klik sana klik sini, plus mengandalkan mata dan telinga untuk lebih peka (bahkan mereka yang memiliki kekurangan di indera ini pun mampu menggunakannya), maka apapun yang disampaikan bisa menjadi seonggok bom waktu. Mungkin saja bom waktu itu memiliki bentuk yang kecil dan terlihat tak berarti sama sekali, tapi jangan pernah lupa bahwa itu merupakan sebuah bentuk yang mampu menghancurkan. Tinggal dipupuk terus menerus dengan bubuk mesiu support dan  menyulutnya dengan sebatang api kemarahan, jadilah dia meledak kapanpun dia mau dan tak pernah bisa dideteksi kapan akan menghabisi kawan dan lawan bahkan si empunya bom sendiri.

Sebegitu hebatnya kekuatan dunia maya ini kawan! Teringat kepada suatu pepatah ringan yang mengatakan bahwa, “wajah teknologi itu memiliki rupa seperti yang menggunakannya, jika jelek niatnya maka jelek jugalah rupanya, sebaliknya jika baik niatnya maka akan bagus jugalah rupa yang ditampilkannya”. Ya, namanya juga manusia, tempat kembalinya salah dan khilaf, selalu saja tergoda oleh nafsu dan rayuan setan. Tiada satupun warga dunia maya yang mampu menghindar dari kemunafikan indahnya dunia maya, bahkan saya sendiri. Pilihan dan keputusan ada ditangan Anda, mau bagaimana menata wajah teknologi yang digunakan.


Selamat ber-weekend ria…


Padang - 170911

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis