7 Juni 2011

Aku Harus Berusaha!


Hidup itu seperti roda yang berputar, kadang di atas kadang di bawah, tapi terkadang di bawah lebih lama, karena bertepatan dengan lampu merah. Sebuah pribahasa unik yang serius tapi mengundang tawa. Namun jika lebih di teliti dan dipahami lagi, memang benar seperti itulah kenyataannya.

Zaman serba susah sepeti sekarang ini, orang-orang berlomba untuk mendapatkan rezeki, dengan cara yang halal, setengah halal, bahkan yang haram sekaligus. Semua itu demi satu hal, agar bisa mengisi perut, agar bisa menghidupi keluarganya barang satu hari pun.

Semua orang berteriak bahwa mereka susah dan terlilit kemelaratan, tapi cobalah Anda lihat bagaimana suasana pasar hari ini? Tetap ramai kan? Tapi hal itu memang tidak bisa disebut sebagai parameter mutlak untuk memvonis bahwa masyarakat sedang berada dalam kondisi yang susah.

Tak terhitung sudah jumlah pengangguran disebalik lowongan kerja yang mulai di mampatkan untuk menyelamatkan harga diri perusahaan. Tiada cara lain untuk menyelamatkan kebutuhan perut kecuali berusaha mengambil resiko untuk membuka usaha, bahkan untuk membuka peluang usaha pun tetap membutuhkan kemampuan ulung sebagai dasar untuk menerima bakal resiko besar yang dihadapi.

Ah, hidup ini sudah susah kawan, jangan kau buat makin susah…. Tapi, sobat, jika aku terus berdiam diri tanpa menyusahkan diriku maka aku tidak akan pernah keluar dari kemelaratan ini. Kembali, sepenggal kalimat yang pro dan kontra.

Meskipun sudah berusaha, namun hal itu tidak akan pernah cukup untuk menebus kemelaratan ini. Tidak pernah cukup untuk membuat situasi dan kondisi selalu stabil, pasti akan selalu labil. Karena manusia berada di tempat yang bernama krisis ketidakpuasan, manusia tidak pernah puas dan selalu merasa kurang.

Maka, diperlukan rasa syukur yang teramat besar, rasa tabah dan sabar yang tak berkepanjangan, dan semangat untuk tetap berusaha. Tetap menekankan pada diri sendiri, bahwa Anda harus keluar dari kemelaratan fisik dan mental, bahwa tidak bisa selamanya mengandalkan uluran tangan orang lain. Aku harus berusaha!


Medan - 070611

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis